Press "Enter" to skip to content

Berita Gempa Besar Sumut, ‘Antara Ramalan dan Peringatan’

Ummi Fatih 0

Beberapa bulan terakhir masyarakat Medan dan Sumut dihebohkan dengan pemberitaan tentang gempa besar yang akan melanda Sumatera Utara. Tak tanggung-tanggung, ramalan tesebut menyebutkan bahwa Sumut akan diguncang gempa berkekuatan 9,0 SR pada bulan November mendatang. Tak ayal lagi, pemberitaan ini menjadikan sebahagian besar masyarakat Sumut ketakutan.

Pemberitaan ini boleh dikatakan tidak berdasar, karena hanya berlandaskan pada sebuah ramalan. Terlebih lagi siperamal adalah warga negara asing yang mungkin belum pernah datang ke Indonesia. Meskipun demikian, pemberitaan ini tetap saja menimbulkan rasa ketakutan ditengah masyarakat. Bagaimana tidak, gempa dengan kekuatan 9,0 SR selama 20 detik saja sudah cukup untuk merobohkan bangunan-bangunan yang ada di kota Medan.

Ditengah kehebohan pemberitaan gempa sumut yang begitu viral, pihak BMKG mengeluarkan bantahan yang menyatakan bahwa berita tersebut hoax. Bahkan, dalam bantahan tersebut pihak BMKG mengklaim bahwa mereka tidak pernah mengeluarkan pemberitahuan tentang prediksi terjadinya gempa dimanapun.

Bantahan dari BMKG sontak menjadikan sebahagian besar masyarakat Sumut tenang. Isu gempa yang kemarin hangat dibicarakan, hingga menimbulkan ketakutan seakan hilang ditelan bumi.

Sebagai manusia yang memiliki Tuhan, memang tidak sepantasnya kita mempercayai sebuah ramalan. Tapi sebagai manusia yang diberi akal dan pikiran tentu kita harus dapat mengambil nilai dan pelajaran dari setiap kejadian. Sebab, bukan tidak mungkin Tuhan sebagai penguasa alam ini ingin memberikan peringatan kepada kita melalui ramalan gempa tersebut.

Untuk menghindari terjadinya penyesalan dikemudian hari, langkah terbaik saat ini yang dapat dilakaukan adalah mengadakan persiapan. Karena saya, anda dan kita semua tidak pernah tau apa yang akan terjadi besok.

Semoga kita semua terhindar dari Marabahaya…

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di share agar teman anda juga dapat mengambil manfaatnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *