Press "Enter" to skip to content

10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker

Ummi Fatih 0

Kita semua mungkin sadar bahwa mengobati jerawat itu sulit. Tetapi menghilangkan bekas jerawat jauh lebih sulit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Meskipun demikian, anda tidak harus berputus asa. Sebab, ada cara menghilangkan bekas jerawat paling ampuh dengan menggunakan masker wajah alami. Selain sudah teruji khasiatnya, masker ini juga dapat anda buat sendiri dirumah dan sangat bermanfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam dan bekas jerawat anda.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Ketika memiliki jerawat, sudah dapat dipastikan bahwa wajah akan memiliki noda hitam atau bekas luka karena jerawat tersebut. Sebab, 87% jerawat akan meninggalkan bekas baik berupa noda hitam ataupun cacat bekas luka. Sebahagian mungkin hilang dalam waktu singkat, tapi sebagian lagi bertahan cukup lama bahkan tidak dapat dihilangkan.

Ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat yang sudah terbukti ampuh yang dapat anda pilih untuk mengatasi masalah ini. Namun, ada baiknya sebelum memutuskan memilih salah satu cara, Anda mempertimbangkan faktor keamanan dan kesehatan secara menyeluruh. Sebab, banyak obat-obatan penghilang bekas jerawat yang beredar dipasaran mengandung bahan-bahan yang dapat mengancam kesehatan anda.

Saat ini banyak bahan alami yang dapat anda gunakan sebagai cara alami menghilangkan jerawat dan bekasnya. Selain lebih aman, bahan alami ini juga sangat ekonomis sehingga anda tidak harus mengeluarkan biaya yang besar. Berikut rekomendasi 10 cara menghilangkan bekas jerawat yang sudah terbukti ampuh dan aman, karena menggunakan masker wajah alami.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Masker Alami

Menggunakan Masker wajah alami merupakan salah satu cara efektif untuk menghilangkan bekas jerawat. Dikatakan masker wajah alami karena memang masker ini dibuat dari bahan-bahan alami dan tanpa bahan kimia sedikitpun, sehingga lebih aman untuk digunakan. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pada masker wajah ini sangat mudah didapat sehingga dapat anda buat sendiri dirumah.

Baca juga : Manfaat bawang putih untuk menghilangkan jerawat

Simak 10 Masker wajah alami yang sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat anda berikut ini.

1. Masker Mentimun

masker mentimun

Salah satu cara menghilangkan bekas jerawat yang cukup populer adalah menggunakan masker mestimun. Ini adalah obat alami yang hebat dan banyak digunakan di negara-negara Asia dan Timur Tengah. Penulis Roshni Dayal menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “Rahasia Kecantikan Alami dari India”, bahwa air mentimun berfungsi  sebagai astringen yang sangat baik. Astringen berguna untuk membantu mengurangi munculnya jerawat dan menyamarkan bekas jerawat.

Mentimun juga mengandung senyawa anti-inflamasi alami yang dapat menyegarkan, melembabkan, mengencangkan dan mencerahkan kulit Anda.  Selain itu, mentimun juga berkhasiat untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel di kulit wajah.

Cara pembuatan dan Pemakaian Masker mentimun :

  • Ambil 1 buah mentimun, kupas dan haluskan dengan blender.
  • Tambahkan 1 sendok makan Yogurt dan aduk hingga kedua bahan tercampur merata.
  • Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, dan diamkan selama 15 menit.
  • Setelah masker mentimun kering, bersihkan dengan air dingin.
  • Ulangi cara ini 3 kali seminggu untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

2. Masker Lidah buaya

masker lidah buaya

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker Lidah buaya juga sudah banyak dilakukan sejak zaman dahulu. Lidah buaya tidak hanya dikenal berkhasiat mengatasi stretch mark, tetapi juga mampu mengobati bekas jerawat secara efektif.

Lidah buaya mengandung sangat banyak zat anti-inflamasi, anti-bakteri, astringent dan penghilang rasa sakit. Selain itu, ia juga berkhasiat untuk membantu perkembangan regenerasi sel kulit, sehingga sangat efektif untuk  menyamarkan bekas luka dan bekas jerawat.

Lidah buaya juga mengandung zat yang disebut polisakarida dan giberelin. Keduanya berfungsi sebagai anti-bakteri yang membantu membunuh mikroba dan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat. kedua zat Ini juga sangat ampuh dalam membantu menghilangkan komedo, mengurangi peradangan dan pembengkakan bekas jerawat.

Cara pembuatan dan pemakaian Masker Lidah buaya

  • Campurkan 2 sendok makan gel lidah buaya murni dengan 1/2 sendok makan air jeruk lemon dan aduk hingga merata.
  • Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kulit.
  • Oleskan masker lidah buaya secara merata ke seluruh wajah dan pusatkan pada daerah bekas jerawat yang akan dihilangkan.
  • Diamkan masker sekitar 10-15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Setelah pemakaian masker lidah buaya, sangat dianjurkan menggunakan pelembab wajah yang ringan dan oleskan secara tipis.
  • Ulangi pemakaian masker lidah buaya ini 3 kali dalam seminggu agar bekas jerawat anda dapat lebih cepat memudar.

Masker lidah buaya ini dapat bertahan hingga 10 hari jika ditempatkan di wadah yang tertutup rapat dan disimpan didalam kulkas.

3. Masker Sari Apel

masker sari apel

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker sari Apel. Masker ini merupakan salah satu masker wajah terbaik untuk mengatasi bekas jerawat yang harus Anda coba di rumah. Meskipun untuk membuat masker ini Anda harus menyiapkan empat bahan termasuk cuka sari apel, teh hijau, madu, dan gula, tapi hasilnya sangat efektif.

Cuka sari apel mengandung asam alfa hidroksil yang bermanfaat untuk menyamarkan pori-pori kulit, membantu menghilangkan kotoran dan bakteri dikulit serta mengurangi produksi minyak berlebih. Selain itu, cuka sari apel juga berguna untuk memulihkan tingkat PH kulit, menyamarkan noda hitam serta mengecilkan pori-pori Anda.

Madu dalam masker ini bertindak sebagai pelembab, antiseptik dan antibakteri yang juga sangat baik untuk menghilangkan bekas jerawat. Tidak hanya itu, madu juga bermanfaat untuk mengatasi kulit kemerahan dan peradangan karena jerawat dan inflamasi.

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas berbahaya yang akan menjadikan kulit lebih cerah dan lebih muda. Sedangkan gula mengandung asam glikolat, yang berfungsi untuk mengangkat sel  kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel kulit.

Cara pembuatan dan pemakaian Masker Sari Apel

  • Siapkan 1 sendok makan cuka sari apel, 2 sendok makan teh hijau, 5 sdm gula dan 1 sendok teh madu.
  • Tuangkan sari apel dalam satu mangkuk dan tambahkan teh hijau lalu aduk hingga merata.
  • Setelah kedua bahan tersebut tercampur secara merata, kemudian tambahkan 5 sdm gula dan 1 sdm madu.
  • Aduk seluruh bahan hingga merata dan menjadi pasta kental.
  • Basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu agar pori-pori kulit sedikit terbuka.
  • Oleskan masker sari apel secara merata kemudian pijat lembut selama 5-10 menit untuk mengangkat sel kulit mati dan melancarkan sirkulasi darah.
  • Kemudian diamkan masker selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat sebaiknya gunakan masker sari apel ini 2-3 kali seminggu.

4. Masker Alpukat Dan Madu

masker alpukat dan madu

Cara menghilangkan bekas jerawat berikutnya yang sudah terbukti efektif adalah dengan menggunakan masker Alpukat dan madu. Alpukat mengandung vitamin C yang berfungsi untuk menstimulasi kolagen dan menjadikan kulit lebih kencang. Selain itu, Alpukat juga mengandung anti-bakteri dan anti-jamur alami.

Masker Alpukat dan madu ini berfungsi untuk membantu memperbaiki kulit kering dan mencegah bakteri penyebab jerawat. Para ahli menunjukkan bahwa bekas jerawat yang parah disebabkan oleh peradangan. Anti inflamasi pada masker ini berkhasiat untuk mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat.

Cara pembuatan dan pemakaian Masker Alpukat dan Madu

  • Campurkan 1 sendok makan madu, 2 buah alpukat yang sudah dihaluskan dan 1 sendok makan bubuk coklat.
  • Tempatkan semua bahan pada wadah yang bersih dan aduk hingga rata.
  • Basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu kemudian oleskan masker Alpukat dan Madu secara merata ke seluruh wajah.
  • Diamkan masker hingga mengering selama sekitar 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Sangat disarankan memakai pelembab alami secara tipis setelah menggunakan masker ini.
  • Untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat, ulangi cara ini dua kali seminggu.

5. Masker Madu Dan Kayu Manis

masker madu dan kayu manis

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker Madu dan Kayu manis banyak digunakan di beberapa negara-negara Asia. Kayu manis dianggap sebagai bahan alami yang berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat.

Kayu manis sudah terkenal sejak dahulu karena mengandung anti-bakteri dan anti-virus alami. Bahkan saat ini Kayu manis sudah banyak digunakan sebagai bahan dasar produk kosmetik karena manfaatnya yang besar untuk wajah terutama dalam menghilangkan bintik-bintik hitam bekas jerawat.

Cara pembuatan dan pemakaian Masker Madu dan Kayu manis

  • Campurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dengan 2 sendok teh madu dalam satu wadah yang bersih, kemudian aduk hingga merata.
  • Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kemudian lap hingga kering.
  • Oleskan Masker Madu dan Kayu manis secara merata pada wajah menggunakan ujung jari Anda.
  • Diamkan selama sekitar 10 hingga 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Ulangi pemakaian masker ini 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat.

6. Masker Susu, Kunyit dan Madu

masker susu kunyit dan madu

Cara menghilangkan bekas jerawat berikutnya adalah dengan menggunakan masker susu, kunyit dan Madu. Susu mengandung asam laktat yang sangat baik untuk membersihkan kulit dari kotoran yang menempel diluar dan didalam pori-pori.

Sedangkan Kunyit adalah bahan alami yang sangat baik untuk memudarkan bekas jerawat karena mengandung antioksidan, anti-inflamasi dan anti-bakteri yang sangat kuat.

Cara pembuatan dan pemakaian Masker Susu, Kunyit dan Madu

  • Campurkan 1 sendok teh bubuk kunyit, 1 sendok teh madu dan 2 sendok teh susu cair tanpa pemanis.
  • Tempatkan semua bahan dalam wadah yang bersih dan aduk merata hingga berbentuk pasta halus.
  • Sebelum pemakaian, pastikan anda membasuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori.
  • Oleskan masker susu, kunyit dan madu secara merata ke seluruh wajah dan diamkan hingga 10-15 menit.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat dan lap kering dengan handuk bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil dalam waktu lebih cepat, gunakan masker ini 3 kali seminggu.

7. Masker Cendana

masker cendana

Cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker Cendana memang masih kurang populer dikalangan masyarakat Indonesia. Masker ini lebih banyak digunakan oleh wanita India untuk menghilangkan noda hitam dan cacat akibat jerawat.

Bubuk Cendana memiliki sifat anti bakteri yang kuat dan sangat efektif untuk memerangi jamur dan bakteri penyebab munculnya jerawat. Selain itu, bubuk cendana juga sangat ampuh dalam menyamarkan bekas jerawat baik berupa noda hitam maupun bekas luka.

Cara pembutan dan pemakaian Masker Cendana

  • Campurkan 1 sendok teh air mawar, 2 sendok makan bubuk cendana dan 3 tetes air lemon.
  • Tempatkan dalam wadah yang bersih dan aduk hingga berbentuk pasta.
  • Basuh wajah dengan air hangat agar pori-pori kulit wajah sedikit terbuka.
  • Oleskan masker Cendana secara merata ke seluruh wajah dan fokuskan pada area tumpukan bekas jerawat.
  • Diamkan masker selama 20 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Untuk hasil terbaik, gunakan masker Cendana ini 3 kali dalam seminggu.

8. Masker Tepung Gram

masker tepung gram

Cara menghilangkan bekas jerawat terbaik lainnya adalah dengan menggunakan masker Tepung Gram. Bahan alami yang satu ini sangat bermanfaat dalam membantu mengelupas sel kulit mati, menyamarkan bekas luka serta memudarkan noda hitam bekas jerawat.

Cara pembuatan dan pemakaian Masker Tepung Gram

  • Campurkan 2 sdm tepung gram, 1 sdm air mawar dan 1/2 sendok makan bubuk kunyit.
  • Aduk semua bahan secara merata hingga berbentuk pasta halus.
  • Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori diwajah.
  • Oleskan masker Tepung Gram secara merata ke seluruh wajah dan diamkan hingga kering.
  • Bersihkan masker dengan menggunakan air hangat kemudian lap kering wajah dengan handuk bersih.
  • Setelah 10 menit bilas kembali wajah dengan air dingin untuk menutup pori-pori.
  • Untuk menghilangkan bekas jerawat dalam waktu singkat, sebaiknya gunakan masker ini 3 kali dalam seminggu.

9. Masker Kulit Jeruk

masker kulit jeruk

Cara menghilangkan bekas jerawat yang sudah terbukti ampuh lainnya adalah dengan menggunakan masker kulit jeruk. Pada dasarnya, kulit jeruk mengandung retinol yang membantu pembaharuan kulit. Ini juga merangsang produksi kolagen dan membantu memperbaiki dan membangun kembali serat elastin pada sel-sel kulit.

Karena kandungan kulit jeruk yang memiliki banyak manfaat ini, maka masker kulit jeruk banyak digunakan sebagai  obat herbal untuk menyembuhkan jerawat dan mennghilangkan bekasnya.

Cara pembuatan dan pamakaian masker Kulit jeruk

  • Campurkan 1 sendok teh susu cair tanpa pemanis dengan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk kering dan aduk rata hingga berbentuk pasta kental.
  • Basuh wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori kemudian lap kering dengan handuk bersih.
  • Oleskan masker kulit jeruk secara tebal pada area bekas jerawat yang ingin diobati dan diamkan hingga kering.
  • Anda juga dapat mengoleskan masker kulit jeruk ini ke seluruh wajah untuk mendapatkan manfaat sebagai pemutih wajah alami.
  • Setelah kering, bersihkan masker dengan menggunakan air hangat dan diamkan selama 10 menit.
  • Basuh wajah dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah anda.
  • Untuk mendapatkan hasil dalam waktu singkat, gunakan masker kulit jeruk ini 3 kali dalam seminggu.
  • Setelah pemakaian, sebaiknya gunakan pelembab alami secara tipis.

10. Masker Oatmeal

masker oatmeal

Cara menghilangkan bekas jerawat lainnya adalah dengan menggunakan masker oatmeal. Masker ini sangat populer dan banyak digunakan di negara-negara Eropa. Masker Oatmeal sangat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak diwajah, mengecilkan pori-pori, mengurangi jerawat dan menyamarkan bekas jerawat.

Cara pembuatan dan pemakaian Masker Oatmeal

  • Campurkan 2 sendok makan Oatmeal, 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan air lemon.
  • Aduk sluruh bahan hingga berbentuk pasta kental.
  • Basuh wajah dengan menggunakan air hangat dan oleskan masker Oatmeal secara merata.
  • Diamkan masker hingga kering, kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Lap kering wajah anda dengan handuk bersih dan diamkan selama 10 menit.
  • Lakukan bilasan terakhir dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah Anda.
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker Oatmeal ini 2 kali seminggu.

Itulah 10 cara menghilangkan bekas jerawat dengan menggunakan masker wajah alami yang dapat anda pilih. Yang harus diperhatikan adalah, selalu gunakan bahan-bahan yang berkualitas baik dan masih segar. Selain itu, perhatikan juga kebersihan wadah untuk pembuatan dan penempatan masker yang akan anda gunakan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di share agar teman anda juga dapat mengambil manfaatnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *