Press "Enter" to skip to content

Manfaat Bawang Putih untuk Menghilangkan Jerawat

Ummi Fatih 0

Manfaat bawang putih untuk menghilangkan jerawat mungkin tidak usah diragukan lagi. Meskipun demikian, masih banyak orang yang takut menggunakannya. Hal ini tentu wajar-wajar saja, sebab banyak artikel yang menceritakan tentang bahaya atau efek samping dari bawang putih jika dioleskan secara langsung ke kulit. Namun untuk lebih mempertegas tentang masalah ini, Saya akan ceritakan pengalaman Saya saat menggunakan Bawang putih untuk menghilangkan jerawat.

Beberapa waktu lalu saya membaca postingan di instagram milik salah seorang blogger asal India. Postingan tersebut bercerita tentang pengalamannya menghilankan jerawat dengan bawang putih yang dilengkapi dengan vlog pribadinya. Dari postingannya saya melihat bawa wanita tersebut (blogger asal India), berhasil menghilangkan jerawat yang tumbuh di dagunya hanya dalam satu malam dengan menggunakan Bawang putih.

Sebagai seorang yang juga memiliki masalah dengan jerawat, tentu saja pengalaman blogger India ini menginspirasi saya. Saya pun mencoba mengikuti caranya mengobati jerawat dengan menggunakan Bawang putih.

Pada malam hari sebelum tidur, Saya mengambil satu siung Bawang putih dan membelahnya menjadi dua bagian. Kemudian bekas potongan Bawang putih yang mengeluarkan getah Saya oleskan ke jerawat yang paling besar dibagian pipi. Memang terasa sedikit hangat, perih dan bau, tapi Saya abaikan saja dan Sayapun langsung tidur.

Keesokan harinya, Saya melihat memang ada sedikit perubahan pada jerawat yang saya oleskan Bawang putih tadi malam. Jerawat yang tadinya terlihat besar dan merah, pagi ini terlihat mengering dan tidak merah lagi. Dalam hati saya bergumam “Ampuh juga nih Bawang putih!”.┬áDan kemudian setelah 3 kali pemakaian setiap malam, akhirnya jerawat tersebut kempes dan mati.

Baca juga : 10 Cara menghilangkan bekas jerawat dengan masker

Manfaat Bawang putih untuk mengobati jerawat

Berangkat dari pengalaman tersebut saya mulai mencari tau lebih banyak tentang manfaat bawang putih sebagai obat jerawat. Saya mulai searching di google dan menemukan beberapa artikel tentang khasiat bawang putih, kandungannya serta efek samping penggunaannya.

Dengan menggabungkan beberapa literatur dan mengkombinasikannya dengan pengalaman Saya, akhirnya Saya dapat menyimpulkan bahwa Bawang putih memang Ampuh untuk menghilangkan jerawat.

Tapi tentu saja kesimpulan Saya ini tidak berlaku umum untuk semua orang. Sebab masih ada kandungan dari Bawang putih yang dapat memberikan efek samping untuk beberapa kondisi kulit. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa kandungan bawang putih yang memiliki manfaat untuk mengobati jerawat dibawah ini:

  1. Bawang putih memiliki satu zat yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, anti virus dan anti septic yang bernama Allicin. Zat Allicin ini sangat baik untuk membunuh virus ataupun bakteri penyebab tumbuhnya jerawat.
  2. Zat Allicin ini juga bersifat anti inflamasi yang sangat ampuh untuk mengurangi peradangan, pembengkakan dan iritasi pada kulit saat dioleskan secara langsung.
  3. Bawang putih juga mengandung senyawa sulfur yang bernama thiacremonon. Dan faktanya, hampir semua obat jerawat mengandung senyawa sulfur.
  4. Bawang putih juga mengandung banyak Vitamin B6 dan C yang sangat berguna untuk mengontrol sebum yang notabene menjadi sarang bakteri penyebab jerawat.

Itulah 4 alasan logis yang saya temukan untuk menjelaskan manfaat bawang putih untuk menghilangkan jerawat.

Baca juga : Cara memakai masker mentimun untuk menghilangkan jerawat

Efek Samping penggunaan bawang putih

Selain keempat alasan diatas, Saya juga menemukan beberapa efek samping penggunaan Bawang putih jika dioleskan secara langsung ke kulit. Simak uraiannya berikut ini:

  1. Menimbulkan rasa gatal yang berlebihan pada jerawat. Ini saya dapatkan dari pengalaman saat mengoleskannya pada jerawat Saya. Selain sensasi rasa hangat, jerawat juga terasa gatal dan sedikit perih.
  2. Untuk beberapa jenis kulit yang sensitif, efek mengoleskan bawang putih secara langsung dapat menyebabkan iritasi. Bahkan dalam beberapa kasus dapat mengakibatkan kulit melepuh. Hal ini disebabkan karena zat Allicin pada bawang putih cukup tajam saat dioleskan secara langsung ke kulit.

Jika melihat dari efek samping penggunaan Bawang putih diatas maka saya sarankan agar Anda yang memiliki kulit sensitif lebih berhati-hati dalam menggunakannya.

Itulah pengalaman Saya tentang manfaat bawang putih untuk mengobati jerawat. Mudah-mudahan pengalaman ini dapat bermanfaat buat Anda sekalian. Dan jika Anda merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan share ke teman-teman Anda.

Buat Anda yang sudah pernah menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat dan ingin berbagi pengalaman, silahkan masukkan pada kolom komentar.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan di share agar teman anda juga dapat mengambil manfaatnya...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *